Saya, Teman, Dota, PKL dan Tugas Akhir

Tidak terasa waktu bergulir sangat cepat, sehingga waktu menuntut saya untuk segera mengambil posisi dalam kehidupan yang sebenarnya ini, rasanya saya baru saja kuliah, dulu santai walaupun banyak tugas, dan sekarang saya harus menyibukan dan membebani diri untuk urusan akhir tentang kuliah ini, tau lah sama yang namanya PKL dan Tugas Akhir bagi kalangan D3 dan sekitarnya,.πŸ˜€ .

memang kuliah di program diploma, pasti lebih banyak berurusan dengan praktek ketimbang teori, dan itu salah satu alasan kenapa saya..!

Masa – masa semester 1 memang indah, disitulah jiwa Informatika saya membara..πŸ˜€ semua Tugas pasti langsung saya kerjakan dan selesaikan, dulu itu saya baru kenalan sama bahasa C dan C++ yeaah mata kuliah “Algoritma”πŸ˜€ dan itu membingungkan tapi sedikit mengerti, tapi jangan salah Semangat saya untuk belajar IT saat itu sangat Merah sekali… :p

Semester 2 Juga indah, di masa itu lah saya mulai memperlihatkan skill – skill IT saya kepada teman2,πŸ˜€ (nyombong), dan di masa ini juga saya melambungkan IPK saya, Β (nyombong lagi -_-) sepertinya saya mulai menemukan jiwa saya dalam dunia yang saya sukai ini, berbagai pengetahuan saya dapatkan dari teman – teman, oh iya, saat itu juga saya ikut organisasi Jurusan, yaitu HIMATIF, dan saya menjabat sebagai Anggota Development Team Networking.

Semester 3 mulai terasa berat, karena dimasa itu saya mulai menemukan kesulitan dalam beberapa mata kuliah.πŸ˜€ tetapi jiwa IT saya masih tetap membara hahaπŸ˜€ , sebenernya bukan sulit, tetapi semakin tidak jelas, mungkin karena saya kurang membuka – buka referensi, dan terjadilah kebingungan dan kurang memahami. Β tetapi dibalik itu terdapat mata kuliah yang digemari oleh saya yaitu “Jaringan Komputer” tidak tahu kenapa saya sangat semangat ketika belajar jaringanπŸ˜€ , dan di semester ini lah IPK saya Turun drastis..Β nah iya… kalo gak salah, di semester ini juga Saya DIPUTUSIN Pacar,πŸ˜€ haha (aib keluar) Di Awal Semester Β setelah liburan panjang langsung di Putusin dah, haha .. makin males aja kuliah,.. -_-.. Β untung ada salah satu dosen yang sangat menginspirasi dan memotivasi saya untuk terus maju dan berjalan. dosen itu adalah sumber inspirasi saya.πŸ˜€ haha

Semester 4. Disini lah saya mulai merasa bosan dan malas malasan dengan tugas yang menumpuk, dan masa ini adalah masa – masa yang menguras uang karena disini saya sering jalan ke luar untuk menghilangkan penat dan pusing, dan disinilah saya mulai sakit sakitan, Darah tinggi kambuh, bolak balik ke klinik, sampe orang tua ke bandung karena kepala, badan drop semua, tensi sampai titik tertinggi.πŸ˜€ sebenarnya di semester 3 juga udah mulai terasa sakit sakitan kepala, dan ternyata saya punya darah tinggi.πŸ˜€, di semester ini saya mulai mengenal sama yang namanya Gama DOTA, dan ternyata game itu sangat seru, haha, game ini sebenarnya dari SMA juga udh pernah nyentuh tapi gk ngerti yaudah saya tinggalin, dan ketika semester ini saya mempelajari Game ini, dan akhirnya otak saya terkena virus Game DOTA ini, sampai Terbawa mimpi, siang malam main dota bareng temen2 war, tarung antar kosan, war antar kelas,πŸ˜€ . lalu Kuliah gimana..? haha entah semester itu rasanya sudah tidak berfikir kuliah, Tugas jarang ngerjain sendiri, kuliah pagi jarang masuk alias (izin, atau sakit demam dll)πŸ˜€ . Tetapi anehnya Di semester ini Nilai masih aman masih diatas rata – rata tapi tetap menurun,πŸ˜€ . dan semester ini saya mulai menjadi aktivis internet, saya belajar ilmu hitam haha. disini saya mengenal sama yang namanya phreaking provider.πŸ˜€ sudah gk usah dijelaskan, dan saya mulai membaur dengan bebagai tweak android atau yang lebih dikenal ngoprek android lah.πŸ˜€

Semester 5. saya akan bercerita panjang lebar disini. Sekarang, Otak Sudah mulai berpikir sedikit maju dibanding semester sebelumnya, saya mulai sedikit ketakutan dengan saya sendiri yang apabila terus seperti ini. saya mulai membulatkan tekad saya untuk mencari hal yang bisa memperbaiki kualitas belajar saya. saya sempat di tegur sama wali dosen saya, katanya “Kenapa Nilai Kamu Jadi turun seperti ini di semester 4 lalu”. sungguh, itu setelah dipikir dan dijelaskan oleh hati nurani, pertanyaan itu ternyata telah menyentuh Merahnya Jiwa IT saya.πŸ˜€ , saat itu saya bertekad untuk memperbaiki nilai sekaligus saya akan bersungguh – sungguh memperbaiki semua hal. dan ketika di semester 5 inilah sebenarnya mahasiswa digalaukan dengan berbagai pikiran, karena di semester ini selain matakuliah semakin banyak, mahasiswa juga pasti disibukan dengan memikirkan apa yang akan dilakukan di semester depan ya, PKL dan TA, memikirkan Judul TA lah, dan lain lain.πŸ˜€ dan itu memang saya alami, saya kemaren memang bingung sekali mau aplikasi apa yang akan saya buat di Tugas akhir nanti, serius saya sangat bingung dan ketakutan, dan saat itu saya iseng chating sama dosen, iseng nanya – nanya judul yang bagus buat TA, tidak tahu kenapa beliau malah mengajak saya, dan saya pun otomatis mau lah, saya bertemu dengan beliau dijelaskanlah konsep aplikasi yang akan dibangun dan ternyata itu rumit,πŸ˜€ dan saya saat itu disuruh ngajak temen2 untuk membuat team, dan akhirnya dibuatlah team dengan beranggota 4 orang. dibagi beberapa pengerjaan dan semuanya saling ter integrasi satu sama lain diantaranya :
– Web SCM (Supply Chain Management)
– Reader RFID
– Aplikasi tracking di Android
– Server Cloud computing
kebetulan saya dapet bagian infrastruktur cloud computing alias sarver yang menampung aplikasi supply chain temen2 saya itu. saat itulah saya mengenal UEC, Proxmox, ilmu virtualisasi, dll pokoknya setelah diputuskan untuk mengerjakan TA dengan judul tersebut, saya lebih keras belajar, dan saya sedikit kebingungan karena sedikitnya modul yang dapat dipelajari, dan di internet belum banyak tutorial yang membahas infrastruktur cloud computing ini, akhirnya saya mentok dan akhirnya saya menunda experimen yang sudah saya oprek, karena memang banyak juga tugas yang harus saya selesaikan di mata kuliah yang lain, selang beberapa hari saya membuka lagi dan mencoba lagi percobaan saya, dan setelah ber jam – jam berujung mentok lagi eror di posisi yang sama, saya cari di internet belum ada yang membahas, ada juga yang membahas ketika saya ikuti intruksi yang harus di jalankan, tetap saja eror, semakin kebingungan saya.πŸ˜€ dan setelah saya berbingung2 pembimbing saya merekomendasikan untuk observasi ke perusahaan perusahaan logistik untuk memahami bisnis proses aplikasi yang akan dibuat oleh team kami, dan kami berempat mencari perusahaan logistik yang ada di bandung dan memberikan surat pengantar, dan akhirnya ada 2 perusahaan yang menerima. dan ternyata sangat rumit sekali sebuah rantai pasok itu ya? hahaha untung gk kebagian Web SCM nya,. di perusahaan banyak sekali ilmu yang didapat,. sekaligus menumbuhkan motivasi saya untuk terus berkecimpung di dunia nyata ini haha khususnya di dunia informatika, walau perusahaan yang saya datangi perusahaan logistik tapi semuanya tidak lepas dari teknologi.

Sebenarnya semester 5 bukan jadwal untuk pengerjaan TA, tapi kami sudah memulai,πŸ˜€ dan untungnya Dosen pembimbing kami adalah salah satu dosen yang tersohor di kampus kami, jadi tidak ada masalah,πŸ˜€

setelah observasi, kami mulai bimbingan aplikasi, dan disinilah teman2 saya galau, haha sekaligus saya juga galau,. karena masing2 kesulitan -_- .setelah beberapa minggu kami tidak bimbingan karena belum ada kemajuan, setelah beberapa hari berlalu. keluarlah Β Pengumuman PKL, nah disini team kami mulai sedikit melupakan TA, karena memang antara PKL / Internship dan TA ini sangat membingungkan, karena konon PKL/internship itu disuruh membuat aplikasi, dan aplikasinya itu biasanya dilanjutkan untuk Tugas Akhir. dan salah satu dari team kami, ada yang kebingungan karena kalau seperti itu kita membuat 2 aplikasi dong, sementara 1 aplikasi juga bingungnya sudah ampun,.πŸ˜€ nah disana terjadi kontroversi lah. Dan di pengumuman,
Mahasiswa Sudah bisa membuat dan mengajukan surat pengantar PKL ke perusahaan mulai dari tanggal 02 Januari 2014 s/d 27 februari.

banyak sebenarnya yang sedang saya pikirkan, targetkan, dan takutkan, entahlah.. mudah mudahan semuanya bisa lancar, PKL / TA semuaya harus dijalani dan tidak ada masalah.. amin.πŸ™‚

ini bisa dibilang lebay, ya.. memang saya lebay, terlalu melebih – lebihkan PKL dan TA, tapi saya memang sedang berfikir bagaimana saya bisa menyelesaikan semuanya. sementara kualitas belajar saya sekarang dalam keadaan menurun.πŸ˜€ entah kenapa, karena terlalu banyak tugas dan banyak pikiran kah, jadi rasanya malas untuk mengerjakan sesuatu,..

Dan dibalik banyak pikiran ini, saya dan teman2 masih sempat – sempatin untuk bermain DOTA, -_- Β karena dota itu menyenangkan otak … haha

Wassalam.

Leave a Reply

