Mencari Tempat PKL

Hari ini Senin 13 Januari 2014, adalah hari pertama saya untuk mencari perusahaan yang nanti akan menjadi tempat PKL untuk saya, saya belum pernah melakukan ini sebelumnya karena saya bukan lulusan SMK๐Ÿ˜€
jadi mungkin ini agak sedikit aneh bagi saya dan merupakan hal baru bagi saya, sekaligus saya butuh menyesuaikan yah…

sebenarnya saya ingin mengikuti program internship / magang yang sudah di sediakan oleh kampus, tapi sampai sekarang saya belum mendapat informasi mengenai internship, jadi daripada saya diam menunggu informasi internship, lebih baik saya bergerak sedikit – sedikit, soalnya tanggal pengajuan surat PKL sudah dimulai, dan saya tahu bahwa setelah surat pengajuan PKL di kirim ke perusahaan, perusahaan itu minimal memberi konfirmasi itu maksimal 1 – 2 minggu, sementara pengajuan surat PKL ditutup sampai tanggal 17 februari (katanya),
mana di peraturannya, katanya mahasiswa hanya bisa membuat 1 surat untuk 1 perusahaan, dan boleh lebih dari 1 apabila, surat pertama sudah mendapat konfirmasi ditolak dari perusahaan tersebut, jadi saya harus memastikan dulu apakah perusahaan tersebut bisa menerima PKL atau tidak.

Jadi mau tidak mau dong saya harus bertanya kesana kesini untuk mendapat informasi tambahan, sekaligus mendapat informasi perusahaan.

nah.. tadi siang saya sudah survey ke beberapa perusahaan yang ada di bandung, ternyata butuh perjuangan ya,? tidak semua perusahaan bisa menerima PKL, dan ternyata banyak juga orang yang akan PKL,..๐Ÿ˜€

disini saya akan bercerita dari perusahaan awal yang saya kunjungi sampai terakhir

1. yang pertama saya berkunjung ke perusahaan Telkom Indonesia, yang ada di depan gasibu itu loh.๐Ÿ˜€ , oke saya sedikit kikuk, karena itu perusahaan yang besar,. sebenarnya saya kesana juga tidak sendirian, tapi sama temen2, oke saya mulai bertanya kepada satpam dan satpam menunjukan ke bagian Public Relationship, disana saya bertanya tanya seputar PKL, dan hasilnya :

iya disana menerima mahasiswa PKL untuk IT, tapi apabila temen2 ingin mengajukan surat pengajuan PKL, bisa diajukan pada bulan ini tetapi pada minggu ke 3 dari bulan ini, dan konfirmasinya, kira2 2 – 4 minggu, Kuota juga banyak kok,๐Ÿ˜€. ย oke saya masukan ke list,๐Ÿ˜€ lanjut.

2. Tujuan selanjutnya, saya dan teman2 berkunjung ke perusahaan tetangga Telkom, yaitu Pertamina. saya bertanya tanya disana dan hasilnya :

Disana juga Menerima PKL, tetapi setelah si mbak2 nya itu nanya, “Jurusan apa ya..?” saya menjawab “jurusan TI” oh teknik informatika ya..? waduh, kalo di bagian IT nya saya tidak jamin, soalnya disini ada juga paling untuk bagian pemasaran itu pun kuotanya terbatas hanya untuk 2 orang, tapi nanti kalau untuk info lebih lanjut, bisa hubungi kami lagi, nanti kami infokan kembali, boleh di catat nomor teleponnya,.. “oh iya mbak,” dan si mbak2 itu nyebutin nomornya,.๐Ÿ˜€ . Lanjut.

3. Ekspedisi selanjutnya ke PT Kereta Api Indonesia. hasilnya seperti berikut :

pertamanya saya menuju ke ruangan bagian Public relationship, dan disana saya di suruh duduk, dan obrolan pun dimulai,.๐Ÿ˜€
kalau disana, kurang begitu jelas mengenai PKL,. tapi si mbak2 itu kalau PKL di bagian IT, coba kalian ke gedung bagian IT solution, (kalo gk salah) sama si mbak itu di arahkan belok kemana aja kalau mau ke gedung itu,.๐Ÿ˜€ oke setelah berjalan menuju gedung tersebut, di depan, gedung tersebut di hentikan oleh satpam, “ada yang bisa kami bantu.?” “ini pak, kita mau bertanya mengenai PKL di bagian IT, disini menerima PKL tidak?” satpam itu langsung menjawab “waduh untuk saat itu PKL udah penuh, soalnya tadi juga barusan ada yang sudah kesini,. emang buat bulan apa?” “Maret pak” “iya penuh paling di bulan sepetember baru kosong” waaaaaaaaaaatt..??๐Ÿ˜€ okee, di PT KAI tidak ada harapan. lanjut.

4. Selanjutnya, ke BANK, kita langsung menuju ke Kantor pusat Bank BNI, saya dan teman2 masuk gedung, saya bertanya ke bagian infromasi, dan dari sana saya di arahkan ke bagian HRD, katanya di lantai 4, oke saya menuju lift. dan di lantai 4 saya pun bertemu dengan satpam, saya bilang saya mau menanyakan mengenai PKL, tadi di bawah katanya di suruh ke lantai 4 ke bagian HRD,. satpam itu pun menjawab “oh iya, silahkan disini” kami pun di perkenankan duduk. setelah beberapa detik kemudian, orang bagian HRD, mengahmpiri, dan percakapan dimulai,.๐Ÿ˜€ hasilnya :

disana juga menerima PKL, terus bapak itu menjelaskan apa saja persyaratan, dari mulai surat pengajuan, pengiriman surat pengajuannya kemana, dan nanti PKL nya dimana, tapi tetep setelah si bapak itu bertanya jurusan apa,? kami menjawab jurusan TI pak, si bapak itu terlihat sedikit bingung untuk melanjutkan kata2 nya, “oh iyaa….. TI ya.. mungkin nanti tergantung dari kantor cabang nya sih, dimana yang menerima PKL untuk bagian IT, tapi kalau temen2 mau ngajuin surat ajuin aja, kesini nanti kami yang kordinasi sama kantor2 cabang”. Oke saya juga sudah menyadari kalau PKL di Bank bagian IT, itu memang agak privasi, karena tidak sembarang orang untuk bisa mengakses sistem dari Bank,.๐Ÿ˜€ haha jadi wajar saja,. kalau setelah tahu di IT, si bapak itu agak kikuk,.๐Ÿ˜€ oke.. tapi tetep saya masukin list, lah.๐Ÿ˜€. lanjut.

5. Selanjutnya Ke Bank lagi sih, yaitu Ke kantor Pusat Bank BJB. kami pun langsung ke sana, kita masuk ke kantor pusatm sebelum masuk gedung, ditanya lah oleh satpam. kami pun menjawab, dan satpam itu memberi jawaban, kalau untuk PKL coba ke gedung diklat yang ada di sebelah sana ( si satpam itu menunjukan tempat gedung itu berada ), oke saya masuk ke gedung diklat. ketika masuk, saya langsung ke bagianย Resepsionis, dan menanyakan, dan si mbak2 yang cantik, lucu, imut, dan aduhai itu, langsung menjawab dengan desahan nya๐Ÿ˜€ haha dan ternyata untuk sekarang kami tidak menerima PKL, tidak tahu kapan kami akan membuka PKL lagi,.๐Ÿ˜€ ย weeehh,.๐Ÿ˜€. Lanjut.

6. Ini terakhir sih, tapi karena di gedung tersebut terdapat beberap perusahaan, yasudah apa salahnya kita bertanya tanya.๐Ÿ˜€ tujuan utama nya sih ke gedung itu untuk ke Indosat, oke, pertama kita ke kantor indosat, tapi pas masuk, wah.. disini kita bagian ^&*^*( (lupa) coba tanya ke kantor HRD yang ada di jalan *()*&&* (lupa juga) kalo bertanya PKL. oke kita langsung cabut, keluar, tapi pas di luar, saya dan teman2 melihat list kantor2 yang ada di gedung itu, ย dan kami datangi ke beberpa perusahaan tersebut, tetapi tidak ada hasil juga,.๐Ÿ˜€ diantaranya :

– Neuviz Bandung
– Rahajasa Media Internet
– Indonet
– dll (lupa)๐Ÿ˜€

Selesai sudah, hunting perusahaan untuk hari ini, Rencana hari rabu mau lanjut, ke Indosat, PT inti, PT len Bandung, dll๐Ÿ˜€

Dan semoga saya, bisa PKL di tempat yang saya mau,.๐Ÿ˜€ dan syukur2 nanti saya bisa keterima untuk internship program,.๐Ÿ˜€
dan semoga postingan ini berguna untuk teman2 yang sedang mencari PKL pula.๐Ÿ˜€ hehe

saya akhiri dengan

TITIK (.)

Leave a Reply

